Usaha Telur Asin

Telur asin adalah salah satu usahaku dulu.Sambil bikin kue basah juga bikin telur asin.Bikin telur asin ini dulu sih sebelum ada konfersi gas.Mulanya tak terpikir mau usaha telur asin.Hanya ada kakak yang nyoba ternak bebek.Ternyata bertelur setiap hari.Cari pelanggan telur bebek netah dapatnya masih satu dua.Akhirnya dikasihkan ke aku ada sekitar 3 tre(tempatnya telur).Aku berpikir mau kuapakan telur sebanyak itu.Kata suamiku ,coba diasin.Nah jadi deh kucoba bikin telur asin.

Waktu diSD aku kan pernah praktek bikin telur asin ,jadi kuterapkan.Tapi bikin satu persatu kelamaan kata suamiku.Kalau bikinnya ratusan gimana.Ya dicoba adonan buat ngasin langsung dituang ketelur seperti orang ngecor.Ehh ternyata pas waktunya memanen kesulitan ngambil telurnya ,banyak yang pecah jadinya.Tapi yang jadi kucoba tuk dijual ,ternyata laku.Iyadeh kupasok telur dari kakak.Aku ke gramedia cari beku tentang usaha telur asin.Dengan banyak mencoba akhirnya kutemukan yang membuat telur asinku bagus dan diterima dipasaran.Waktu itu harga telur bebek Rp 750 perbiji.Setelah jadi telur asin ku jual Rp900-Rp1000.Haraga Rp900 buat mereka yang dijual lagi ,Rp1000 buat yang beli bijian untuk konsumsi sendiri.Satu minggu aku setor Rp 750.000 untuk 1000 telur bebek.Pertama memang ku tawarkan ke warung-warung dengan cara titip dulu.Tapi setelah ramai nggak lagi.Karena banyak yang kerumah untuk ngambil sendiri.Kateringan kalau ngambil ratusan biji.Paling sedikit 200 biji.Lumayan kan untungnya .Bagi yang mau coba ini cara bikin telur asin yang tengahnya bisa masir.

Pakai batu bata merah yang telah halus,beli jadi sudah ada kok.Kalau pakai abu atau hanya di rendam dengan air garam warna kuning telurnya nggak bisa bagus.Batu bata halus tadi campur dengan garam halus dan tambahkan sendawa.Untuk sendawa ini perlu dihaluskan dulu,baru diaduk bersama samapai rata.Telur dicuci dulu sampai bersih,gosok pelan-pelan.Lalu dibalut dengan Adonan batu bata yang telah diaduk rata dengan air,satu persatu.Taruh diwadah beri tanggal kapan bisa dipanen.Idealnya sih 10 hari telur masir betul.Masir itu kuning telurnya kemerahan dan berminyak .Waktu memanennya lepas adonan dari telur.Dan adonannya jangan dibuang,buat ngasin telur berikutnya tinggal menambah sedikit garam dan sendawa.Cuci telur sampai bersih,baru dimasak.Setelah mendidih buka tutup panci atau dandang biuakan sekitar satu jam.Membuka tutup panci ini fungsinya mengurangi air yang masuk kedalam pori-pori telur.Karena kadang kan ada telur yang dibelah keluar airnya ,jadi telur asinya ngggak tahan lama ,cepat basi.Setelah masak diangkat ditriskan.Setelah dingin sambil dilap atau dbersihkan dari sisa air rebusan tadi beri cap atau tok.Nah siap di pasarkan.

Sekarang aku nggak ngasin lagi karena tempatnya sudah kujadikan toko dan warnet.Juga waktunya itu loh….Kadang pingin sih bikin telur asin lagi kalau pas lihat orang nawari ke tokoku telur asin,mengingat untungnya lumayan.Dan lagian kakakku sudah nggak ternak bebek lagi.Sudah coba usaha lain.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

13 Comments

  1. Artta — October 11, 2010 @ 6:31 am

    Wah mantab resepnya.

    Coba ah . . .

  2. thedollarcorner — October 13, 2010 @ 12:45 am

    wah telur asin itu mah kesukaan ku mbak,
    asik juga tuh bisnisnya… sayang ya tidak dilakukan lagi seperti dulu…
    oh, ada usaha warnet toh, pantesan update selalu nie blognya :)

  3. candra — October 15, 2010 @ 4:41 am

    sendawa iyu apa tho?

  4. angel — October 16, 2010 @ 7:53 am

    cocok buat akhir pekan

  5. mamatutik — October 17, 2010 @ 5:09 pm

    kalau memang perlu sih gaji orang aja, dijamin nanti usahanya makin banyak

  6. Tofik Malang — October 23, 2010 @ 4:50 pm

    wah mantap nih tipsnya buat telor asing hehehe….

  7. The Dollar Corner — October 25, 2010 @ 10:38 am

    lama nie ngak update…

  8. sawali tuhusetya — November 1, 2010 @ 2:54 pm

    wah, malah bisa jadi usaha sampingan yang lain tuh, mbak. selain utk warnet, kan bisa juga utk usaha telor asin. sukses selalu ya, mbak.

  9. bambang — December 6, 2010 @ 10:31 am

    dimana beli telur bebek 750,? boleh minta alamtnya tolong yak lagi butuh.ni no hp 085717367105

  10. wayan wagito — January 20, 2011 @ 3:17 pm

    *sendawa itu apa?

    *habis di balut ama adonan itu trus naruhnya dimna?
    di rendaman ato di tempat kering?

    mohon untuk di balas
    trimakasih…

  11. Adinovi — April 11, 2011 @ 3:35 pm

    Telur asin emang favorit gue banget,so yammii

  12. Rietha — September 2, 2011 @ 8:22 am

    Kami ingin mengajari beberapa anak binaan untuk membuat telur asin, apa berkenan kita untuk bertemu, saya sangat mengharap dukungan dan kerja samanya. makasih.

    saya tunggu.

  13. ptc — March 8, 2012 @ 8:18 pm

    Bahkan kemampuan menulis kreatif Anda telah mengilhami saya. … Saya ingin mengucapkan terima kasih atas upaya yang telah Anda buat dalam menulis artikel ini. Terima kasih untuk artikel ini

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment