KANKER (Kantong Kering) Saat Dibutuhkan

Pada hari minggu saya dan teman sekelasnya melakukan kegiatan kuliah yang belum selesai yaitu mencoba berwirausaha. Di dalam satu kelas terbagi atas 6 kelompok, setiap kelompok berisi 4 orang. Yang satu tempat dengan saya hanya 2 kelompok. Tiap kelompok yang dengan saya menjual krupuk,hiasan gantung dari bantal dan saya sendiri menjual roti bakar isi ice cream. Dari 3 kelompok ini yang paling membutuhkan dana terbesar ialah hiasan gantung dari bantal, kemudian roti bakar isi ice cream, yang terakhir krupuk. Dan pengumpulan dana yang mendadak membuat para anak kost kalang kabut karena biasa kan akhir minggu. syndrom KANKER menyelimuti kebiasaan mereka di akhir minggu. Wah kanker kayak istilah kedokteran saja. Sorry pak dokter saya pake istilah kanker biar para anak kost sadar untuk berhemat. Read more »

Tips Memanfaatkan Pinggiran Roti

Mungkin kita masih ingat dengan tips sukses membuat roti jadi bi asanya setelah roi jadi agar tampilannya bagus ataa Kadang kala untuk kebutuhan resep ,diperlukan roti tawar yang bersih dari bagian yang keras(bersih dari kulit roti tawar).Buang bagian pinggir roti tawar dengan bantuan pisau roti dan pakai roti tawar yang sudah bersih ini sesuai resep.

Pinggiran roti tawar yang udah tidak terpakai jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainya.Agar pinggiran roti tawar beermanfaat,simak beberapa tips ini:

Puding Roti

Campur kulit roti dengan santan ,gula pasir dan daun pandan,lalu kukus hingga matang.

Tepung Roti

Proses kulit roti tawar dalam blender hingga menjadi bubuk tepung panir segar(untuk melapisi lumpia,tempura,roti goring dan lain-lain.

Selamat mencoba :D

Tips Sukses membuat Roti

Beberapa Tips cara sukses membuat roti antara lain:

  • Timbang bahan sesuai resep.
  • Pilih bahan yang berkualitas.Seperti ragi,bila ragi berkualitas kurang baik maka roti tidak mengembang dengan sempurna.
  • Saat membeli ragi perhatikan tanggal kadaluarsa.Jangan gunakan ragi yang tersisa lama.
  • Bila ada sisa bahan perhatikan cara penyimpanannya.Jadi rasus rapat agar tidak terpapar udara.
  • Menguleni adonan roti sebaiknya harus benar-benar elastis supaya mengembang sempurna.Kalu elastis ditarik tidak putus dan transparan. Read more »

Resep Roti Unyil Nan Mungil

Roti ini dibentuk mungil dan imut,bisa divariasikan isinya.Sama kayak roti-roti yang biasa kita jumpai di tukang roti yang lewat.Hanya bentuknya saja yang mungil.Kali ini kita bikin sendiri saja,dan jangan takut gagal.

Kalau isi dan bentuk bisa dirubah sesuai selera.

Adonan Dasar Roti Unyil

BAHAN:

250gr tepung cakra

100gr gula pasir

1butir telur

125ml susu cair

15gr susu bubuk

2gr bread improver

10gr cake emulsifier(sp)

5gr garam. 25gr mentega

Read more »

Kue-Kue Tanpa Oven

Lha ini enak baik bingung oven karena tanpa ovenpun kita tetap bisa berekpresi /Banyak kue yang loezat dan nikmat tanpa melalui proses pengovenan.Tak punya oven bukan berarti tak bisa bikin kue sama sekali.Makanya harus mencoba betul-betul.Dan beberapa kue tanpa oven antara lain ,yang pasti beserta resepnya juga

Read more »

Resep roti kukus gula merah

Selain gethuk makan roti kukus gula merah juga enak loh. Roti Kukus Gula Merah

Bahan:

  • 1kg terigu
  • 1kg gula merah
  • 250 gr margarine
  • 1sdteh soda kue
  • 1sdteh baking powder
  • 3 butir telur

Caranya: Read more »

Yuk bikin jajanan sendiri- 2

Dengan sedikit meluangkan waktu kita bisa bikin jajanan sendiri setiap hari dari pada beli.Tapi sebagian orang beranggapan lebih enak membeli dari pada ribet bikin sendiri.Padahal dari segi kebersihankan lebih terjamin.Apalagi kalau bisa menghasilkan uang .Kemarin aku bikin roti tawar moka isi coklat.

ROTI TAWAR ISI COKLAT

Bahan:

  • 500gr tepung cakra
  • 8gr fermipan
  • 50gr gula halus
  • 300ml susu cair
  • 15gr susu bubuk
  • 3gr bread improver
  • 5gr garam
  • 50gr margarine
  • Moca pasta 1sdteh
  • 100gr meses untuk isi
  • 100ml susu evaporated untuk olesan

Caranya: Read more »

Resep Kabin Isi Goreng

Makanan yang serba keju gini kesukaan putraku.Sebab dia suka sekali keju.Atau yang ini pilihanya,KABIN ISI GORENG

Bahan:

a.Kabin 300gr,siap pakai

b.Minyak goring

Untuk isi:

1.Kentang 100gr,kukus, potong dadu kecil

2.Wortel 100gr,kukus,potong dadu kecil

3.Dada ayam 200gr,kukus,potong dadu kecil

4.Seledri iris halus,bawang Bombay cincang halus

5.Telur 1butir dikocok

Pencelup:

1.tepung terigu150gr

2.air 250ml

3.telur satu butir

4.garam

Caranya:

1.Isi:Campur semua bahan jadi satu,aduk rata dan sisihkan.

2.Pencelup:Campur dan aduk semua bahan hingga rata.

3.Ambil bagian roti kabin,beri isi lalu tutup dengan roti kabin yang lain.Lakukan hingga kabin habis.Celupkan kabin kedalam adonan pencelup hibgga rata lalu goring hingga berwarna kecoklatan,angkat dan tiriskan .

Sajikan bersama saos tomat atau saos cabe bila suka.Mudah-mudahkan,siapkan saja sore harinya lalu masukan kulkas,jadi pagi hanya tinggal menggoreng saja.

Resep Singkong Keju

Kalau yang ini biasanya beli, tapi kemarin udah nyoba dan kalau dimakan ramai atau sambil hujan rintik2 enak lho namannya SINGKONG KEJU

Bahan:

  • Minyak goring 500ml
  • Singkong 500gr,parut
  • Keju chedar 50gr parut
  • Garam,gula halus ,sedikit saja
  • Bawang putih 1siung,haluskan
  • Krem keju 100 gr,siap pakai
  • Telur 1butir ,kocok
  • Tepung roti 100gr

Caranya:

Campur singkong,keju,bawang putih,gula,dan garam,aduk hingga rata.Ambil sedikit adonan ,lalu bulatkan beri isi krim keju ,lakukan hingga habis.Kukus selama 10 mnt dan angkat.Celupkan kue dalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung roti hingga rata.

Panaskan minyak goreng, lalu goring kue hingga kecoklatan,tiriskan.

Resep Gulung Strowberry

Nggak selalu roti bukan untuk bekal seperti kemarin kita bikin resep roti isi daging. Dan yang lebih penting juga nggak harus selalu mahal,yang penting bergizi dan sehat .Kadang anak minta yang manis dan kadang pula minta yang asin.Dan ini resep kue basah kalai ini bolu gulung kukus yang cantik dan cocok untuk bekal si kecil .(Salah satu kesukaan putraku juga )

Gulung Strowberry

Bahan -bahan yang di butuhkan

  • 100 gr terigu
  • 6 butir telur
  • 100 gr gula halus
  • SP 1 sdk teh
  • Susu kentall manis 30 ml
  • Mentega 100 gr (cairkan)
  • Pewarna makanan merah,hijau & kuning
  • Selai Strowbery untuk olesan

Caranya

  1. Kocok telur ,gula dan SP hinga mengembang,sambil terus di kocok tambahkan susu kental manis hingga putih
  2. Masukkan terigu lalu mentega air dan aduk hingga rata
  3. Bagi adonan menjadi empat bagian ,lalau tambahkan pewarna kuning ,hijau dan yg satu biarkan putih
  4. Masukkan masing masing adonan ke dalam kantong plastik segitiga ,lalu semprotkan adonan warna ke dalam loyang bergerigi dan adonan putih ke dalam loyang datar,kuku selam 30 menit hingga matang dan angkat
  5. Olesi permukaan cake dengan selai hingga padat dan potong potong sesuai kebutuhan

Bingung khan ,mudah2-han nggak,Kalau masih bingung datang aja ke rumah ntar belajar bareng2

Berikut gambar loyang bergerigi