Muffin Pisang

Pisang yang biasa buat kue,yang kususnya pisangnya mesti dilumat adalah pisang ambon yang udah matang sekali.Yang kulitnya sudah kehitaman ,karena aroma pisangnya kuat sekali dan rasanya juga manis.Seperti buat donat pisang ,cake pisang,dan muffin pisang.Untuk muffin pisang ini taburan atasnya aku coba dimajalah lezat hanya kutambahi keju,karena putraku suka keju. Read more »

Sekilas Seputar Perut Ayam

Perut ayam disini kue loh,bukan menu masakan isi perut ayam.Banyak resep perut ayam.Ada yang pakai pisang yang sudah masak diremas dicampur bersama tepung terigu,ada yang pakai air kelapa saja,ada yang memakai tape singkong.Kalau saya lebih suka pakai pisang karena pisang memberi rasa yang sedikit berbeda,seperti donat pisang kalau diberi remasan pisang rasanya beda.

Kalau nggak pakai pisang,tape atau air kelapa,biasanya pakai fermipan,soda kue atau baking powder.Kalau mau pakai soda kue jangan terlalu banyak soalnya rasanya getir dan perut ayam cepet gosong sebelum masak.Kalau saya satu kg terigu memakai satu sendok teh fermipan,1 1/2 sendok teh baking powder dan air pakai air hangat.

Kalau kebanyakan fermipan adonan terlalu ngembang jadinya kalau digoreng nggak mau mulus dan banyak menyerap minyak goreng.Boleh dikasih soda kue tapi 1/2 sendok teh saja,ini untuk 1 kg terigu.Dan saat menggoreng minyak harus panas supaya mengembang bagus.Api memang harus beras,kalau kurang panas jadinya seperti kue cucur.Jadi biar minyak sampai berasap,pokonya panas lah.Nah sudah ya ini sekilas tentang resep perut ayam.

Perbedaan Baking Powder Dengan Soda Kue

Mungkin banyak yang bingung antara baking powder dengan soda kue.Dan kadang ada yng bilang keduanya sama sama antara fungsi dan kegunaannya.Akan tetapi menurut saya pribadi jelas sangat sangat berbeda.Hal ini terlihat dari fisikya jika kita membeli bahan kue tersebut.Perbedaan yang mencolok jika kita raba (baking powder )halus seperti tepung terigu , sedangkan (soda kue ) agak sedikit ada butiran2 kecil.Dari bau yang dihasilkan juga kentara apabila kedua bahan tersebut di gunakan untuk bahan kue .Apabila terlalu banyak baking powder maka kue akan mekar sekali, dan apabila terlalu banyak soda kue bau yang dihasilkan sedikit agak menyengat, dan rasanya (soda kue) kebanyakan akan terasa sedikit pahit.

Kisah perbedaan antara soda kue dan baking powder ernah saya alami ketika akan mebeli baking powder yang kebahisan di warung ,saya pernah di beri soda kue…karena perbedaan fisik udah ketahuan maka dari itu hal ini tidak sampai terjadi.

Mungkin ini sekelumit perbedaan /pandangan menurut saya, antara soda kue dan baking powder.

Selamat mencoba

Jualan Itu Emang Enak lho.

Dari dulu aku emang suka sekali kalau mulai berjualan.Mungkin karena tiap hari dapat uang dikit dikit (baca:lumintu).Sekarangpun biar ada sikecil aku sudah mulai berjualan kue lagi.Ya selain dapat uang ada kepuasan sendiri dihati jika bikin jajan.Membuatnya memang nunggu sikecil tidur dulu.Kecuali ada pesanan,harus neteki sampai kenyang sambil digendong biar lekas tidur,sehingga bisa bikin jajan terus.

Oh ya ,aku habis ada pesanan ,dan orangnya mau pesan lagi .Dan kali ini dia minta kue bikang.Aku mencoba bikin bikang yang berserat,empuk biarpun sudah dingin.Dan tentu saja tanpa telur.Aku sering mencoba kue tanpa telur ini bukan tanpa alasan lho.Ini karena neneku seorang vegetarian,Beliau nggak suka ikan,daging(ayam dan sapi),susu,telur.

Kalau jajan tradisional diberi telur katanya baunya amis.

Tapi bikang biar nggak pakai telur tetap enak dan empuk,caranya:

1.Pakai santan kental,jangan encer,karena santan ini akan memberi rasa gurih pada bikang.Menuangnya jangan mendidih,jadi nuggu agak hangat.

2.Untuk membikin bikang berserat,harus diuleni 15menit,sampai 30menit,seperti menguleni apem,jadi dikeblok pakai telapak tangan.Nggak perlu pakai baking powder.

3.Ambil sedikit santan kental tadi untuk di ciprat-cipratkan di permukaanya biar cantik terlihat.

4.Api jangan terlalu besar

Gitu udah beres dan bikang akan terasa beda , biarpun dingin pasti masih empuk.Oh ya apalgi kalau tepung berasnya giling sendiri (jawa:nepung sendiri ) rasanya akan semakin gurih :D

Macam-Macam Snack Asin Dalam Cup Aluminium

Snack ini kalau dijual memang agak mahal harganya.Dan biasanya kita jumpai diacara pesta –pesta,jarang sih orang memasukannya sebagai snack dalam kotakan.Tapi rasanya enak loh,yuk kita coba membuatnya beberapa resep.

1.Beef Dan Cheesee Soufle

Bahan:

  1. 200gr mentega,250cc susu,1sdt garam,1sdt merica,1sdt vetsin
  2. 350gr terigu
  3. 19 kuning telur,4putihnya,1sdt baking powder,2 sdm Maggie sauce
  4. 14 putih telur dikocok kaku
  5. 100 gr smoked beef(cacah),100gr Bombay dicacah,200gr keju parut

Caranya:

  • Didihkan bahan a,masukan bahan b.Aduk-aduk lalu masukan bahan c dikocok
  • Campur bahan dengan putih telur
  • Tuang dalam cup aluminium taburi dengan bahan e.Oven sampai matang.

Read more »

Resep Bikin Jajanan Dari Pisang Dan Tape

Sekali lagi kita coba bikin jajanan dari pisang dan tape,yuk.Yang lalu memang sudah sih,tapikan kita coba resep yang lainnya.

Prol Tape

Bahan:

  • 200gr tape,dihaluskan
  • 80gr gula pasir
  • 3butir telur
  • 50gr terigu

Cetakan loaf dialasi kertas roti,olesi margarine Read more »

Resep Kue Bakpao

Kalau aku jalan-jalan sore sama putraku di alon-alon tugu,pasti deh putraku minta dibellikan bakpao.Disekitar situ memang banyak orang berjualan bakpao dengan aneka isinya.Ada isi coklat,kacang hijau,selai dan bentuknya juga nggak selalu bulat sekarang.Tapi bakpao disitu enaknya memang kalau pas hangat,kalau sudah dingin rasanya kulitnya jadi kering sehingga kalau dingin putraku nggak mau lagi.

Tapi ini ada resep kue bakpau yang enak dan empuk,yok kita mencobanya. Read more »

Tape juga bisa jadi kudapan yang enak

Jember adalah kota kelahiranku.Oleh-oleh dari jember yang khas biasanya tape singkong dan swar-swir yang juga berasal dari tape.Tape singkkong ini memang biasanya dicampur di es campur,atau di kue sebagai pengganti ragi instant,seperti apem,kue mangkok.Tapi dibuat puding atau bolu bahkan di campur di brownis juga enak.Ini salah satunya:

RESEP TAPE AYU

Bahan:

1 kg tape singkong,dihaluskan sampai lumat

200 gr mentega

4 butir telur

1 kuning telur untuk memoles

200gr gula halus

100 gr terigu

Fanili dan garam secukupnya

Kismis untuk hiasan Read more »