Roti Kukus Gula Merah

Resep ini sebelumnya sudah pernah saya ulas ,da disini saya ulas lagi karena memang resep ini pernah saya buat dan saya jul .mmmhh laku keras (bukan resepnya) tapi hasilnya .

Roti ini pakai gula merah dan minyak goring.Kalau adonan dicetak pakai cetakan roti kukus dan dialasi kertas kap,roti akan merekah bagus dan cantik seperti bolu kukus biasanya.Tapi kalau dicetak dicetakan kue sakura yang diolesi mentega,kue nggak akan merekah,jadi nya kue seperti kue sakura.Ini resepnya:

Roti Kukus Gula Merah

Bahan:

  1. 1kg terigu
  2. 2butir telor
  3. 4sdkteh fermipan
  4. 2sdteh soda kue
  5. 2gelas belimbing minyak goring
  6. 1/2kg gula merah
  7. 1/4kg gula pasir
  8. 3gelas belimbing air

Caranya:

  • Gula merah dan gula pasir dimasak sampai cair bersama air,sisihkan.
  • Campur bahan lainya jadi satu ,lalu tuang gula cair sambil dikeblok-keblok sampai tercampur rata dan adonan jadinya molor kalau diangkat.
  • Diamkan sekitar 20mnt,lalu tuang adonan ,boleh dicetakan sakura,boleh dicetakan bolu kukus yang telah diberi kertas kap.Api
  • Gula merah dan gula pasir dimasak sampai cair bersama air,sisihkan.
  • Campur bahan lainya jadi satu ,lalu tuang gula cair sambil dikeblok-keblok sampai tercampur rata dan adonan jadinya molor kalau diangkat.

Diamkan sekitar 20mnt,lalu tuang adonan ,boleh dicetakan sakura,boleh dicetakan bolu kukus yang telah diberi kertas kap.Api harus besar dan air mendidih,baru adonan dimasukan.Oh ya menikmati kue ini terasa enak bila sambil minum teh hangat

Kue ini rasanya enak dan gurih,rasa khas gula jawa,nggak blengeri.Minyak bisa diganti mentega cair,tapi rasanya lebih enak pakai minyak,juga hasilnya lebih lembut pakai minyak.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

13 Comments

  1. fuad — January 4, 2009 @ 7:39 pm

    wah… uenak banget tuh…
    tapi emang itu rasanya kayak roti ya ??

  2. salwa — January 15, 2009 @ 4:14 am

    Basanya bikin bolu kukus ga’ pernah mengembang tapi…kali ini sukses!! Bahan segitu aku bagi 4, hasilnya jadi banyak banget…. Thanks yang sudah kasih resep

  3. admin — January 15, 2009 @ 4:55 am

    selamat ya..udah sukses :D

  4. Ernik — January 24, 2009 @ 9:55 am

    Trim’s untuk resepnya. Aku buat, hasilnya enak banget. Tapi kenapa nggak begitu ngembang, jadinya mirip muffin kukus. Padahal aku buat persis ngikuti resepnya lo. mohon sarannya..!!!

  5. jusuf — March 9, 2009 @ 1:58 pm

    numpang nanya nich… ada resep kue sehat atau kue tradisonal yang hanya pake tepung beras dan gula jawa. Kalau bisa tidak memakai gula pasir, santan, tepung terigu, minyak kelapa dan bahan kimia tambahan…

  6. carnival — April 1, 2009 @ 11:50 pm

    wah patut di coba…

  7. triani — January 21, 2010 @ 5:38 am

    mba roti kukus gula merahnya ntar rasanya emang rasa roti atau kayak bakpao yach?tapi ntar dicobain deh kayaknta yamieeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  8. yuli — May 21, 2010 @ 11:01 am

    kalo pake minyak goring,yng bagus pake marek apa?
    trus air satu gelas blimbng itu sama dengan berap cc?

  9. Aji Kambas — August 17, 2010 @ 12:24 pm

    Bagi anda yang menginginkan gula jawa dalam jumlah besar, silakan buka:

    http://gula-merah.co.id/pemesanan/

  10. laksmi — October 25, 2010 @ 1:01 am

    tolong dong resep yang tanpa telur.

  11. umiabie — March 28, 2011 @ 10:13 pm

    wah kayaknya mantap tuh. perlu di coba..

  12. komang — September 24, 2011 @ 12:07 pm

    aku mau coba mumpung lagi bete anak2 juga doyan ngemil daripada beli bikin sendiri lebih higenis toh thanks for recepinya.

  13. Bineri — November 27, 2013 @ 10:02 am

    Mmm… enak tuh \, tapi ada nggak yang nggak pakai telur?, trims ya atas resepnya!?!.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment