Resep ONDE-ONDE

Kalau kita jalan-jalan sering lihat orang menjajakan onde-onde.Aku sendiri dulu tiap hari bikin onde-onde,kutitpkan diwarung-warung.Mau tau resepnya,ini dia.

ONDE-ONDE

Bahan kulit:

1kg tepung ketan

250gr tepung beras

250 gr gula pasir

1sdm kanji

Wijen secukupnya

1sdm alfina

Bahan isi:

500gr kacang hijau tanpa kulit,direndam lalu dikukus sampai lunak,lalu haluskan.Lalu digongso bersama 200gr gula pasir dan tamabahkan vanili .Digongso samapai bisa dipulung bundar-bundar.

Caranya:

Bahan kulit diaduk jadi satu dengan air secukupnya ,jangan terlalu lemas.Lalu dipulung bundar-bundar dan beri isi.Celupkan kewijen sambil di tekan-tekan,hingga tertutup rapat.Goreng dalam minyak banyak diatas api sedang,sambil terus diaduk-aduk menggorengnya.Jaga minyak jangan samapai panas sekali karena onde-onde akan meletus jika minyak terlalu panas.

Mudahkan cara membuatnya,ayo coba.Siapa tahu juga laku dijual.Pakai tepung ketan hitam juga bisa kok.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

32 Comments

  1. jhatilreog — December 1, 2008 @ 6:12 pm

    numpang tanya digongso diapain sih.dikasi makan angsa?
    bahasa indonesianya hebat nih

    -Diah-

    Di gongsong = di goreng tanpa minyak
    cmiiw

    :D

  2. fitri — February 2, 2009 @ 6:44 am

    aku mau coba resepnya ondenya,boleh ya…aku mau tanya juga nich,klu alfina tuh apa?

  3. admin — February 4, 2009 @ 2:37 am

    buat ngembangin itu onde2 biar besar ,kalau untuk kue biasanya akan terasa halus rasanya
    selamat mencoba

  4. fitri — February 7, 2009 @ 9:51 am

    aduh mbak,bikin onde onde nya di tunda lagi.ada satu bahan yang belum saya dapet,yaitu alfina.belinya di mana sih mbak? saya sudah tanya ke toko bahan2 kue,tapi mereka gak tahu.

  5. admin — February 14, 2009 @ 11:29 am

    alfina sama dengan baking powder super, tapi kalo’ di “AVIA” malang ada sendiri namanya memang alfina
    selamat mencari mbak

  6. hidayat — February 20, 2009 @ 2:55 am

    mba itu onde2 di uleni sampai kalis g trus adonan di diemin sampe ngembang brapa lama thanks ya..02193263243

  7. QQ — February 21, 2009 @ 10:18 am

    mbak,mw nanya, untuk kulitnya, selain wijen bisa di gantiin dengan bahan apa ya??

  8. Husna — February 27, 2009 @ 3:17 am

    emang ada kacang hijau tanpa kulit..???

  9. admin — February 27, 2009 @ 5:00 pm

    ada mbak..saya sering beli di pasar ,tawangmangu malang

  10. yuni — April 30, 2009 @ 4:56 am

    kalau gak ada ALFINA bisa gak diganti dg BAKING POWDER biasa???

  11. webee — June 3, 2009 @ 5:50 am

    mba mo tanya..kl alfina diganti baking powder merk kupu2 bisa ga?…

    makasih banyak mba….(lagi pengin nyoba onde2 ketan item)

  12. monica gitu lo — July 3, 2009 @ 12:53 pm

    enak mbak resepnya,ada yang lain ga?alvina itu apa ya?

  13. christine — August 6, 2009 @ 12:22 pm

    gmn cara mbuat onde2 yg setelah d goreng tidak mudah kempes, tetap bulat?

  14. surono — August 27, 2009 @ 5:14 am

    kenapa saya kalau menggoreng onde-onde kok meletus, penyet

  15. Diah — August 27, 2009 @ 10:09 pm

    1.Api jangan terlalu besar
    2.Adonan Jangan Terlalu Encer
    3.Isi juga jangan terlalu basah.

    cmiiw

  16. ari...... yogya — August 31, 2009 @ 5:58 am

    cari wijen murah dimana ?

  17. Murti — November 13, 2009 @ 3:41 pm

    mba alfina itu apa ya ..bisa pake backing powder kah? mampir di web saya ya..tq

  18. inne — March 5, 2010 @ 4:04 am

    Mba, aku mau coba resep onde2nya kalau aku buat berhasil, akan ku pasarkan. Doa kan aku berhasil ya

  19. Diah — March 5, 2010 @ 3:07 pm

    Amin
    mudah2-han berhasil mbak :)

  20. wanda — April 6, 2010 @ 6:01 am

    kata nenekku kalo g pake tepung beras bisa g tp pake ketan aja

  21. tuti — April 26, 2010 @ 12:21 pm

    knapa yaa,onde2 yg aku buat kalo udah dingin minyaknya banyak bgt.?kaya ote2.mau makan jg jd jijay.tolong dong tips onde biar kerin gimana??

  22. bu bambang — April 28, 2010 @ 2:39 am

    mbk mau tanya kalo gak pake alfina jadi nggak?

    ditempat saya nggk ada yg jual..
    mksh..

  23. alphiee — April 28, 2010 @ 5:49 am

    mbag kalau isi onde2 dganti keju sama coklat gmn mbak?
    onde2nya gg akan meletus kan???

  24. adi — May 6, 2010 @ 1:58 am

    bisa aja kalo cuma pake ketan. selamat mencoba

  25. adi — May 6, 2010 @ 2:03 am

    bisa…tapi pake keju sama coklat padat biar ga meletus.

  26. herlina — June 5, 2010 @ 11:35 am

    mbak kenapa ya koq tiap saya buat onde2 selalu peceh dan mentah dlmnya

  27. ugh — June 20, 2010 @ 8:34 am

    mw numpang nanya klo onde-onde yg isix gula merah resepnya ada nggak?

  28. gosyen — February 11, 2011 @ 9:20 am

    saya mau tanya.alfina itu apa n gongso itu maksudnya sprti apa?????

  29. riza — February 23, 2011 @ 5:09 am

    beli alvina dimana ya???

  30. eni — April 12, 2011 @ 7:26 am

    onde-onde biar tetap kring setelah dingin digimanain ya?

  31. naila — September 22, 2011 @ 8:50 am

    Mb klu alfina tu bs g dganti ma yg laen

  32. dessyana — March 3, 2012 @ 2:47 am

    mba, airnya sebrp bnyak?????? :(

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment