Resep Membuat Susu Kedelai

Ini baru saja kucoba,sebenarnya sudah lama sih aku tahu kandungan dari kedelai itu sangat bermanfaat buat tubuh kita.Yaitu sejak kehamilan putra pertamaku,sebenarnya suamiku yang menyuruh dulu waktu hamil untuk mengkonsumsi kedelai tersebut.Lalu ditelevisi kulihat ternyata mengkonsumsi sari kedelai ini bermanfaat sekali buat kita yang hamil dan menyusui .Bikin tulang nggak cepat keropos itu salah satu manfaatnya.

Mau coba bikin susu kedelai yang enak dan nggak terasa apek(lengur) ini resepnya:

Susu Kedelai

Bahan:

  • 250 gr kedelai direndam sekitar 10 jam
  • Gula pasir 200gr
  • Air 12gelas

Caranya:

Kedelai yang sudah direndam dimasak dulu kira-kira 15mnt.Biarkan hangat atau dingin lalu diblender menggunakan air yang 12gelas tadi ,yang dipakai buat memasak tadi.Lalu disaring dan diperas menggunakan kain kasa ,gunakan sisa air yang buat masak tadi .Setelah itu tambahkan gula dan masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk,boleh tambahkan jahe jika suka.Bisa juga diberi rasa seperti rasa moca dsb sesuai selera.Karena sebelum diblender dimasak dulu jadi susu kedelai tidak terasa lengur.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

19 Comments

  1. dui — August 12, 2009 @ 2:42 pm

    makasi ya bu infonya

  2. riza — November 3, 2009 @ 11:33 am

    bu kok kedelainya berbusa?rasanya terlalu luber

  3. Jesca — December 3, 2009 @ 3:51 am

    Jd kepengen buat neh^^
    Trims ya, artikelnya.

  4. aika — December 7, 2009 @ 7:29 am

    kebetulan nih lg nyari, kira2 awet berapa lama ya..?

  5. Soesiati — December 9, 2009 @ 11:03 pm

    Bagaimana caranya supaya susu kedelai setelah direbus tidak pecah-pecah? tidak terbentuk gumpalan-gumpalan halus dan airnya terpisah? Terima kasih.

  6. Soesiati — December 9, 2009 @ 11:05 pm

    Bagaimana caranya setelah direbus susu kedelai tidak pecah-pecah atau airnya tidak memisah? Tq

  7. handayani — December 12, 2009 @ 3:18 pm

    boleh juga nih dicoba resepnya…

  8. darmawati — February 22, 2010 @ 12:03 pm

    mba ..saya udah nyoba buat susu kedelai tapi baunya ga enak mungkinkah karena saya tidak merebusnya setelah direndam ? atau krn terlalu kental susunya. ohiya mba bagaimana kalau susu kedelainya diambah air agak banyak mungkinkah baunya hilang dan rasa menjadi enak..

  9. ninda — February 28, 2010 @ 2:21 pm

    Tq infonya

  10. zaifoel anwar — March 6, 2010 @ 12:57 am

    tahan berapa lama susu kedai

  11. Diah — March 6, 2010 @ 11:44 pm

    kalau di jual sehari udah kita ambilin ,
    jadi kalau pingin awet taruh di dalam kulkas. bisa dipakai 2-3 hari

  12. Ellis — November 16, 2010 @ 2:27 pm

    Aku barusan bikin dan sukses, rasanya manteb. Aku bikin dari setengah kilo kedelai sih, direndem 6 jam lalu kupas kulit arinya. Setelah itu blender dan saring dengan tambahan air sperlunya. Ampas bisa masukkan kembali ke blender dan dikasi air lalu disaring lagi mpe sarinya lesap. Pas ngerebus aku tambahkan jahe keprek, gula setengah kilo, garam satu sendok teh, dan daun pandan secukupnya. Aduk pelan selama perebusan, jangan lupa api kecil aja biar ga pecah. Hasilnya, mantab. Coba aja. Cheers.

  13. shinta cyg idho — June 6, 2011 @ 5:47 am

    aq ingn sekali mmbuat kue wat pacar aq, tp aq tllah mncba ttp saja rasa.a aneh ….
    ggma sih mmbuat kue yg mdah agar aq bsa mmbuat kan,a wat pacar aq
    karna dy sgt ska sekali kue coklat apa lg brounis hhmm

    tlg dunk ajarin aq mmbuat kue yg mdah dan enk …
    enk tuh ka elliz,nd ka dhiah yg tllah sukses mmbuat kue yg sempurna…

  14. nie anie — June 6, 2011 @ 5:51 am

    sbar saja pasty nnt qmu bsa mmbuat kue yg enk nd sempurna qmu hrus bnyk” bljar yya spya kmu bsa mmbuat.a dan qmu brkan kpda pcr qmu …

    mngkn mnjd org yg sukses mmerlukan proses yg ckp llma

    jd qmu sabar’ ajah

  15. asri — February 3, 2012 @ 6:11 am

    wah saya juga kepengin bisnis susu sari kedelai yg dikemas sprt aqua gelas. tahan berapa jam ya? ngemasnya sewaktu panas panas atau klu dah dingin?

  16. diana — February 22, 2012 @ 1:13 pm

    aku diana,barusan saja aku buat bisnis usha susu sari kedelai awalnya aku coba2 eh g tahunya sekarang aku jadi sukses krn susu sari kedelai,kebutuhan hidupku bisa terpenuhi coz aku cma tunanetra g tahu kemana aku harus cri uang dan susu sari kedelai alhamdulila aku bisa sukses

  17. ardy java adafsari — March 15, 2012 @ 3:46 pm

    setelah disaring dan diperas kemudian direbus lagi, supaya apa ya?
    terimakasih :)

  18. Rini — October 16, 2012 @ 8:06 am

    aku juga sering bikin, awalnya karena waktu hamil dokter melarang minum susu formula, karena aku g merasa kenyang kalau g minum susu, makanya coba buat sendiri susu kedelai, hasilnya enak bener, bayiku juga sehat. btw silahkan kunjungi blogku orin kayoman.terimakasih :D

  19. titin — January 26, 2013 @ 1:36 pm

    mbak, aku uda coba tapi kenapa rasanya cepat kental dan tidak tahan lama walaupun sudah aku taruh dikulkas.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment