Resep Bika ambon dan Putri Mandi

Berikut resep untuk Bika ambon dan Putri Mandi /Kue Bugis

Resep Bika Ambon

Bahan:

12 butir telur

300gr gula pasir

350gr tepung kanji

350ml santan

Vanili,esens pandan,pewarna hijau

Biang:

100gr terigu

1sdmakan ragi instant

100ml air

Caranya:

Biang:aduk jadi satu terigu,ragi dan air,lalu biarkan selama tiga jam hingga mengembang.

Campur adonan biang dengan gula, kanji,dan santan,lalu aduk rata.Masukan telur satu persatu,lalu adauk kembali hingga semua bahan tercampur rata.Diamkan adonan selama satu jam hingga mengembang.Tuang adoanan kecetakan bentuk oval yang telah diolesi margarine,lalu panggang dalam oven hingga matamg.

Resep Putri Mandi /Kue Bugis

Bahan:

Tepung ketan 500gr

Gula pasir 100gr

Santan 500ml

1/2sdteh garam.1/2 air kapur sirih

Pewarna hijau

Saus santan:

500ml santan,2sdmakan tepung beras,50gr gula pasir,1/2sdteh garam,masak hingga kental dan mendidih.Angkat sisihkan.

Isi unti kelapa:

½ butir kelapa diparut,gula merah 100gr disisr halus,150ml air,aduk jadi satu dimasak diwajan dengan api kecil hingga adonan rata dan dapat dipuung.

Caranya:Campur bahan tepung ketan,santan,gula ,air kapur sirih,pewarna hijau dan garam ,uleni hingga adoanan dapat di pulung.Isi adoanan dengan unti dan bentuk bulat kecil,lalu kukus(hanya sebentar kira-kira 10mnt).

Letakan kue didalam mangkuk plastic dan tuang dengan saus santan .Warnanya boleh warna warni juga agar anak lebih tertarik.

Selamat mecoba !!!! :)

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

22 Comments

  1. Wahsip — June 25, 2008 @ 8:41 am

    PERTAMAX……
    kebanyakan kue, jadi basah, apalgi Putrinya Mandi.
    Wah kelihatan donk…..

  2. erwin — June 25, 2008 @ 9:09 am

    emmm serasa makan bika ambon di Medan
    eeeeemmmmm serasa mengi***p putri mandi
    heheheheh

  3. Diah — June 25, 2008 @ 9:36 am

    @Wahsip
    Wah kuebasah memang menguyupkan pak.Opps Putri masih tidur pak..nggak mandi

    @Erwin
    mas Erwin bisa saja.
    Sebelum di In$$p kabur duluan ahhhhhhh :D

  4. Uguns — July 21, 2008 @ 9:12 am

    Tpi ko gw ga bsa2 sih, knpa? Ya pdhl w udh ikutin smua cranya…

  5. Aris m — September 2, 2008 @ 1:10 am

    Tq mbk resepnya,mau praktek nih.

  6. mama — December 24, 2008 @ 12:10 pm

    oooo berapa tinggi dan lebar cetakan?

  7. wahyu — January 27, 2009 @ 7:40 am

    hweh aku buat kok jadinya lemper ya???

    apanya yang salah?

  8. nina sakinah — February 16, 2009 @ 7:55 am

    kalo di jawa timur namanya bukan putri mandi tapi bongko manten(pengantin) sama persis antara resep dan cara membuat.btw thanks alot

  9. lingling — March 5, 2009 @ 8:24 am

    kalau panggang kue bika ambon apakah pintu ovennya harus terbuka, trim ya

  10. anix — March 22, 2009 @ 12:56 am

    dah pasti berhasil tidak ya??agak trauma juga…

  11. Ismailckm’s Blog — April 17, 2009 @ 12:52 pm

    [...] By ismailckm Resep Bika ambon dan Putri Mandi [...]

  12. Mari masak « Ismailckm’s Blog — April 17, 2009 @ 1:01 pm

    [...] Mari masak By ismailckm Resep Bika ambon dan Putri Mandi [...]

  13. vio — August 4, 2009 @ 6:03 am

    hmmmmm bika ambon,kue kesukaanku…makasih ya resepnya

  14. lya — September 4, 2009 @ 1:41 am

    mmm…
    kalo bika ambon di hias kyk kue ultah bs gag????
    Q PENGEN BUAT KUE ULTAH, TP KUENYA BIKA AMBON bisa gag sich????……………………….

  15. Erick — February 11, 2010 @ 8:25 am

    wah sebaiknya putih telurnya nggak di pakai, ntar jadi bantat.

  16. eko — April 5, 2010 @ 8:07 am

    mndi aj di kmar mndi ama mkan putri ………..

  17. hadi pku — July 22, 2010 @ 1:42 am

    subhanallah…
    saya seorang suami
    tp saya suka ngumpulin resep msakan buat istri saya…
    karna istri saya enak kalo bikin masakan..tp agak sedikit malas kalo gk pake resep masakan..katanya takut gk enak…makanya saya kumpulin agar dia mau kreasi bikin kue2 yg lain…makasih ya atas resep nya yg udah saya catat…semoga jaya terus website ini. agar bnyk yg lain bs mrasakan manfaatnya

  18. CHUE — July 22, 2010 @ 6:11 am

    ini resep nyo bro

  19. ramarakha — October 22, 2010 @ 5:06 am

    boleh tuch dicoba,,,,buat suami tercinta nich

  20. rini — January 20, 2012 @ 3:43 am

    kue ny faf bnget,ap lg mkn ny.tp mls buat ny,tkt g jd

  21. evi — March 8, 2012 @ 2:05 pm

    terimakasih banyak atas resepny..

  22. seto bogor — August 4, 2012 @ 7:40 am

    untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari… murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment