Resep BakPia Kacang Hijau

Bak pia kacang hijau atau pia kacang hijau pasti tahu dan pernah atau bahkan sering memakannya.Pia ini kesukaan kakakku yang jadi Bu Bidan itu,biasanya disishkan.Kalau dulu kue ini dijual dalam bentuk kemasan,isinya sekitar lima atau sepuluh biji.Tapi sekarang banyak dijual bijian ,satu bijinya 500 rupiah,ditaruh ditoples gitu.Nah kalau pingin coba bikin sendiri ini resepnya:

BAHAN A

  • Tepung terigu 250gr
  • Minyak sayur 75ml
  • Air 150ml
  • Garam ½ sendok the

BAHAN B

  • Terigu 250gr
  • Minyak sayur 150ml
  • Kuning telur 1butir kocok lepas

ISI

  • Minyak sayur 100ml
  • Kacang hijau kupas 500gr,kukus
  • Gula pasir 500gr
  • Vanili bubuk ½ sendok the

CARA MEMBUAT

1.Campur jadi satu tepung,garam,minyak,dan air,lalu uleni hingga rata.Sisihkan(adonan A)

2.Campur jadi satu tepung dan minyak hingga rata.Sisihkan(adonan B)

3.Gilas mesing-masing adonan A dan B hingga tipis,untuk adonanB potong menjadi 2 bagian.Letakan sebagian adonan B diatas adonan A,lipat dan gilas hingga tipis.Letak sisa adonan B diatasnya lalu gilas kembali himgga tipis.Potong adonan seberat 50gr.

4.ISI:Panaskan minyak ,masukan kacang hijau,gula,dan vanili.Aduk-aduk hingga licin dan rata.Angkat dan dinginkan.

5.Tipiskan tiap potongan adonan,isi dengan kacang hijau dan bulatkan hingga rapi.Letakan diatas loyang yang telah diolesi margarine dan semir dengan kuning telor permukaannya.Panggang dalam oven dengan suhu 180 c selama 30mnt hingga kuning keemasan.

Untuk isi bisa diisi coklat,selai atau apa saja sesuai selera kita,hanya saja yang dijual diwarung-warung atau toko umumnya isi kacang hijau .Padahal diisi coklat juga enak rasanya.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

56 Comments

  1. Sumintar — July 1, 2008 @ 1:26 am

    PERTAMAXXXXXXX

    Enak deh pagi pagi udah disuguhi
    Resep BakPia Kacang Hijau

    Semoga sukses

  2. juned — July 1, 2008 @ 2:00 am

    kirim ya mba ke rumah… :P (kidding)

  3. yudi — July 1, 2008 @ 2:52 am

    jelas aku ga bisa buatnya mbak, tapi yakin dah kalo pia-nya pasti enak banget :-D

  4. Menik — July 1, 2008 @ 3:20 am

    pengennnnnn :(

  5. Diah — July 1, 2008 @ 7:09 am

    @Sumintar
    Enak banget pak, apalagi + sus kedelai hangat2 :D sehat

    @juned
    Wah boleh juga sgn ke tkp

    @yudi
    Tak Tranfer ya ..

    @Menik

    Monggo mbak di sekecak-aken :D

  6. vina — July 7, 2008 @ 3:41 pm

    gimana cara mbentuk bulatnya biar satu sisinya ga nggedibel ya??..

  7. roro — December 29, 2008 @ 11:14 am

    maaf mbak kan mbak tulis blog juga hasil karya cipta.qo gambar kuenya copy paste???saya pernah lihat gambar ini di blog lain.saya cek ternyata gambarnya dari blog mbak aprilisa.
    so???please d

  8. admin — December 29, 2008 @ 1:14 pm

    betul sekali,saya ambil dari site tetangga untuk fotonya, mohon maaf masih belom bisa foto pakai kamera digital.Mudah2 akhir tahun ini bisa beli :D

  9. Lisa — December 30, 2008 @ 7:17 am

    Wah, nyampe juga saya kesini..
    lain kali bilang dulu ya kalo mau pinjam foto…

  10. admin — December 30, 2008 @ 1:26 pm

    makasih atas masukkannya
    mohon maap jika kurang berkenan, segera akan saya hapus

  11. nithaaaa — March 19, 2009 @ 8:44 am

    aku disuruh buat resep bakpia nih, ama guruku. but, aku kurang sreg ama resep yang ini. tlong diedit, biar agak lebih nyambung..

  12. galindra — March 30, 2009 @ 1:26 pm

    haha…
    kalo mau kalian juga bisa beli di rumahku.
    di rumah, aku punya usaha bakpia pathok cabang jogja 558, ada 3 rasa : kacang hijau, keju, coklat. 1 dus @ Rp 15000 isi 20 buah. kalo mau pesan, bisa di antar kok. telpon aja ke 021-7540011 atau 97585734. telpon yaa !

  13. malioboroinjogja — April 7, 2009 @ 8:33 am

    Asyik jg kl bisa buat sendiri, tp kl mo bli cepet n gak ribet lewat sini aja http://malioboroinjogja.com/products-page/kue-basah/bakpia-patuk-75-jogja , dijamin asli dari bakpia 75 jogja atau ada jg yg phia (bakpia tp kering) http://malioboroinjogja.com/products-page/kue-basah/pia-crispy-75-jogja

  14. okta — May 4, 2009 @ 7:19 am

    kok gda brx sih?
    pdhal it jg brguna….
    lain kali d tmbahin ya…

  15. Diah — May 4, 2009 @ 1:06 pm

    brx apaan itu mbak..?

  16. udin — May 18, 2009 @ 7:19 am

    tolong diedit ke email saya ini kami sangat perlukan untuk usaha kami

  17. tiwi — June 14, 2009 @ 10:09 am

    kalo mau kursus bikin bakpia, bisa gak? blz ya?

  18. Ullian saputra — September 27, 2009 @ 8:51 am

    Halo mba, aq mau nax neh koq kue bakpia aq keras dan ga garing dan lmbut ky yg djual dtko2? Tlg ya mba…

  19. jessy — October 18, 2009 @ 7:11 am

    halo.:)
    sy punya pertanyaan mbak.
    klo 1 biji bakpia itu kalorinya kira2 berapa?
    Sy penasaran sekali.
    krn sy sdng diet.
    tp sy sangat suka bakpia rasa keju!
    Terima kasih :)

  20. santy — October 21, 2009 @ 8:06 am

    wah seneeng banget kalo makan bakpia…. bisa abis satu box he..he.he
    gak bakalan bosen deh ^-^

  21. yana — November 1, 2009 @ 6:07 am

    saya dari balikpapan,ingin usaha kue bakpia,tapi gimana caranya biar kue bisa awet tahan sampai 2 minggu gitu, trims atas jawabannya.

  22. Diah — November 1, 2009 @ 11:45 am

    Kalau Bakpia Kering Bisa tahan lebih 2 minggu
    sdkan bakpia basah nggak bisa mbak,

    bisa tahan lama (Bakpia kering) dg syarat pas waktu kemasan nggak boleh panas2

    cmiiw

  23. maria — November 26, 2009 @ 2:36 am

    bagaimana caranya membuat bakpia kering yang bisa tahan lebih lama?
    terima kasih sebelumnya.

  24. uchin — December 11, 2009 @ 1:35 pm

    bagaimana cara memasak kacang ijo,,
    saya coba ga jadi

  25. santy — December 13, 2009 @ 3:39 pm

    ada no Hp yang bisa di hubungi

  26. cucakrowo — January 22, 2010 @ 2:41 pm

    apalagi makannya ditemenin sama cewek-cewek cantik, plus kopi hangat dan gratis…niscaya hangat luar dalam deh..yummy

  27. Kacang Hijau — February 7, 2010 @ 3:12 pm

    Resep seperti ini dapatnya darimana ya? Thanks

  28. arief — March 31, 2010 @ 4:05 am

    ga bnyk ko kalorinya

  29. muis — May 9, 2010 @ 2:09 pm

    oh ya kemasan yang paling bagus itu logo ya kaya gimana

  30. didi — May 19, 2010 @ 3:42 am

    Mbak, kalau bakpia kering bisa tahan lebih dari 2 minggu tetntu pakai pengawet, resep pencampurannya gimana?jenis pengawet yang cocok apa yah? karena selama ini kita pakai kalsium propionat , hasilnya paling lama juga 4 hari, tolong petunjuknya yah , please.thanks

  31. sherly sie — May 21, 2010 @ 1:16 am

    Supaya pia nya tahan lama gimana ya..??

  32. didi — June 7, 2010 @ 10:52 am

    Mbah , Saya minta resepnya dong

  33. santi — June 19, 2010 @ 10:40 pm

    Salam kenal, aw pernh bikin bakpia pake resep spt ini haslnya kulitnya berlapis, tp kok g keras ya.. G bs rapuh ky pia yg dijual kemasan gt, trus mash berasa tepung. Apa perlu ditasmbhkn soda kue ato sejenisnya?

  34. Mariva — July 1, 2010 @ 7:31 am

    Mba,,jdinya brapa buah kuenya kalo resepnya segitu..???

  35. susilowati — October 30, 2010 @ 3:26 pm

    senang deh bisa dapat resep bakpia kacang hijau,besok di coba buat cemilan keluargaku,thanks loh.

  36. ivanka — December 3, 2010 @ 4:01 am

    mbak ini bakpia basah apa kering ya kok di oven.setau saya kalo bak pia basah cuma tarih di wajan ceper,soalya saya mau coba resep bakpia basah

  37. dian — February 4, 2011 @ 6:50 am

    Di tegal ada yg jualan pia turun temurun uueennnaakk tenan. Kl beli hrs pesan dan antri pake nomor, kaya mau ke dokter. Isinya coklat, duren, kc ijo, keju dll. Pertanyaan sy, kl mau bikin isinya slain kc ijo tu bagaimana ya?

  38. nirwahyudin — March 24, 2011 @ 11:52 am

    sobat mo nanya apa sih bahan bak pia pathok jogja tu

  39. nurwahyudin — March 24, 2011 @ 11:53 am

    hai aku mo kenalan

  40. annisa — April 13, 2011 @ 8:57 am

    Saya dah coba biar bakpia nya basah tpi ko’ gak bisa2 ya?
    Gmna sih caranya biar Bakpia nya bisa basah

  41. BAKPIA DAN CARA PEMBUATANNYA « Linda Megawati's Blog — May 4, 2011 @ 7:22 am

    [...] Resep BakPia Kacang Hijau [...]

  42. sugiarto — May 10, 2011 @ 2:09 am

    nice info, tQ

  43. sugiarto — May 17, 2011 @ 8:18 am

    top mak nyusss

  44. erwin — June 11, 2011 @ 6:28 am

    saya mao nanya knp klo saya bikin pia ini selalu garing n keras

  45. anil — June 14, 2011 @ 2:18 pm

    MaaF mw tnya,,,kLO isi’y di ganti dngan Coklat (Meses) apa harus di campur dngan minyak sayUr n gula pasir? mengingat kan coklat’y cpat meleleh kLo kNa panas….
    tHanks sblm’y

  46. Rahma — July 5, 2011 @ 3:22 pm

    Saya mau tanya untuk bikin kue bakpia basah, bahan minyak sayur apakah sama dengan korvet????

  47. hendro ndc — August 5, 2011 @ 4:16 am

    ulas dong bisnis lain yg bisa buat usaha anak2 muda yg punya kemauan untuk usaha sendiri,,,,,bikin brand kayak model2 kebab gitu

  48. ririn wahyuni — August 22, 2011 @ 5:43 am

    wah enak juga bisautk usaha sampingan,kalau blh tahu gimana caranya utk jualin bakpianya

  49. leha — November 24, 2011 @ 1:52 pm

    Saya mau tanya, klo isinya kok ada yang warna hitam, klo yang itu dipakein apa yach????

  50. ishak — December 22, 2011 @ 1:41 pm

    waah ini kue kesukaanku.,., seru.,seru.,seru

  51. inaz — March 16, 2012 @ 8:15 am

    ini pianya enak t…. :D

  52. Jual Bakpia Jogja — March 20, 2012 @ 2:02 pm

    Bakpia kacang hijau termasuk yang paling enak di antara yang lainnya. Namun, apapun rasanya, cara membuatnya cukup ribet lho, dan memakan waktu cukup lama juga.

    Buat yang hobi masak, resep yang disajikan di sini boleh dicoba. Bagi yang tidak hobi masak namun ingin belajar, tidak ada salahnya juga mencoba resep ini.

    Kalau tak ingin repot, kami siap membantu Anda. Kami pilihkan bakpia jogja yang enak dari produsen bakpia jogja yang melegenda.

  53. annay zumul — April 3, 2012 @ 3:39 am

    aku besok mau coba bikin buat suami ku, thx yah resep nya

  54. huzyeh anugrah mulyoae — April 7, 2012 @ 9:15 am

    aku mau ni piane

  55. bundane bhara — January 16, 2013 @ 8:07 am

    selama ini aq sngt suka kue bakpia tp kok gk kepikiran bikin sendiri sh?

  56. hanafi — May 6, 2013 @ 6:47 am

    Mbak boleh kah kami di kasi unjuk resep cara bikin bak pia kering… Kami inggin bikin mbak…. Tolong kami ajari kami
    W salam

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment