Resep Apem Selong

Kemarin malam jumat legi, banyak orang beli kue apem.Ini sudah jadi tradisi di Jawa kalau malem jumat legi kirim doa buat yang sudah meninggal dan bikin sandingan.Nah yang untuk sandingan umumnya kue apem.Nggak tahu kenapa sepertinya kalau selamatan untuk orang meninggal itu katanya harus ada apem dan naga sari.

Nah kali ini kita bikin apem selong yuk.

Bahan:

  1. 1kg tepung beras
  2. 500gr gula pasir
  3. 500 ml air kelapa
  4. 1500 ml santan (dimasak dulu dan beri sedikit garam)
  5. 1 bungkus fermipan/1/4kg tape singkong
  6. 4 butir telur,putihnya saja,dikocok kaku.

Caranya:

Campur gula pasir,tepung beras,fermipan dan air kelapa,keblok dengan tangan sampai ringan.Masukan santan sedikit demi sdikit.Lalu biarkan sampai naik.Setelah siap dicetak tambahkan putih telur yang sudah dikocok kaku.

Nah silakan mencoba deh.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

10 Comments

  1. Siswahju — February 21, 2009 @ 3:10 am

    Hi…

    Saya berusaha buat apem selong, tapi gak jadi…memang perlu beli cetakan dari indonesia?

    Terima Kasih
    Siswahju

  2. juhandi yahya — March 17, 2009 @ 8:51 am

    makasih ya infonya, aku mau coba deh, kalo jadi lumayan buat jualan di skul ….

  3. ayu lintang siboro — August 29, 2009 @ 4:22 am

    jawa tu luas bu. tradisi ini paling juga ada di kecamatan/kabupaten tertentu. tapi yg jelas, ini bukan tradisi islam. ga tau jg kl agama lain.

  4. Diah — August 29, 2009 @ 8:10 am

    betul sekali mbak..memang semua diatas bukan tradisi islam, akan tetapi tradisi jawa,khusunya jawa timur ,jw tengah mereka semua masih memegang teguh tradsinya dg baik
    cmiiw

  5. Dudik — September 18, 2009 @ 3:56 am

    Apa ada tradisi Islam?
    Sy seorang muslim, tp yg sy yakini adl Islam itu agama bukan tradisi. Harap jangan campurkan agama dgn budaya/tradisi. Apa seorang muslim harus bertradisi Arab? Terus apa makna: diciptakan berbangsa2 dan bersuku2? Semoga menjadi pencerahan.

  6. Pembawa Senyum — May 10, 2010 @ 1:14 am

    Hmm buat Dudik… Siap Pak, makasih penjelasanx..
    Sudahlah.. kita saling menghormati tradisi masing2… Entah dari suku apa dan dari agama apa… Oke…

  7. Emma — May 14, 2011 @ 11:13 am

    Apem selong kayaknya berasal dari tradisi southern India mereka bilangnya appam, sama juga di Srilanka yg dulunya bernama Ceylon, appam from ceylon kali ajah sama lidahnya org jawa dibaca apem selong..he..he. Kalo org India and sri lanka bikin apem bukan buat acara khusus tapi buat breakfast..lol.
    Buat Siswahju kalo kamu bisa cari aja tamil store sekitarmu mereka punya cetakan apem selong yg ok punya.

  8. Noverdi — September 26, 2011 @ 12:28 pm

    Makasih udah bagi2 resep ya kebetulan aq di kalimantan lg kangen pengen makan apem goreng gak ada org jual. Seingat aku dulu nenek saya kalo bikin di kamir dulu 1mlm baru di goreng. Dan itu emang kalo mw buat selamatan org yg sudah meninggal. Dan itu memang tradisi di daerahku kediri.

  9. iyok — October 13, 2011 @ 4:27 am

    aku jadi mau coba nihh,,kira-kira enak gak ya buatan ku?? :/

    haha

  10. Rubi — January 21, 2012 @ 1:52 am

    Wah…mantap nih…pengen deh coba bikin..:)

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment