Perbedaan Baking Powder Dengan Soda Kue

Mungkin banyak yang bingung antara baking powder dengan soda kue.Dan kadang ada yng bilang keduanya sama sama antara fungsi dan kegunaannya.Akan tetapi menurut saya pribadi jelas sangat sangat berbeda.Hal ini terlihat dari fisikya jika kita membeli bahan kue tersebut.Perbedaan yang mencolok jika kita raba (baking powder )halus seperti tepung terigu , sedangkan (soda kue ) agak sedikit ada butiran2 kecil.Dari bau yang dihasilkan juga kentara apabila kedua bahan tersebut di gunakan untuk bahan kue .Apabila terlalu banyak baking powder maka kue akan mekar sekali, dan apabila terlalu banyak soda kue bau yang dihasilkan sedikit agak menyengat, dan rasanya (soda kue) kebanyakan akan terasa sedikit pahit.

Kisah perbedaan antara soda kue dan baking powder ernah saya alami ketika akan mebeli baking powder yang kebahisan di warung ,saya pernah di beri soda kue…karena perbedaan fisik udah ketahuan maka dari itu hal ini tidak sampai terjadi.

Mungkin ini sekelumit perbedaan /pandangan menurut saya, antara soda kue dan baking powder.

Selamat mencoba

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

18 Comments

  1. munawar am — February 17, 2009 @ 7:04 am

    kalau perbedaan Baking Soda dengan Kue Powder bagaimana Bu…., ahh, ngacau nih komenntnya…;
    apa rasa manis dalam roti juga kemungkinan ditambah pemanis sehingga terasa agak pahit?

  2. Lala — February 17, 2009 @ 6:47 pm

    huaaa udah lama ga bikin kue nih… jadi keingetan kangen bikin kue lagi :)

  3. sawali tuhusetya — February 17, 2009 @ 7:31 pm

    sungguh, mbak diah. dalam soal urusan resep, apalagi kue basah, hehehe …. saya babar blas ndak mudheng. saya harus banyak menimba ilmu dari mak diah nih soal resep.

  4. soerdjak — February 18, 2009 @ 12:03 am

    saya masih ga terlalu paham nih mba,hehehe

  5. wiswa — February 18, 2009 @ 1:25 pm

    ieeh…lucu bahas beginian,,br tahu…

  6. erwin — February 19, 2009 @ 7:54 am

    duh klihatanya ini seperti dulu waktu aku milih calon istri,kalo di raba….. hehehehe

  7. Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 — February 23, 2009 @ 8:42 am

    Soda kue tu kalo dimasukkan ke air yg keluar buihnya tu bukan?
    Yang jelas keduanya beda dengan caking soda ya, bu?? :D

  8. tata — August 18, 2009 @ 2:22 pm

    klo cara membuat soda kue itu gimana ya??

  9. azzaam — April 23, 2010 @ 10:34 am

    ya baru tahu aku :D

  10. lisa — November 8, 2010 @ 5:56 am

    saya masih gk bs bedain antara baking powder am soda kue,,
    klw boleh tw terbuat dr bhn apa ya antra baking powder ama soda kue?

  11. sandy satriawan — January 10, 2011 @ 3:42 pm

    bedanya baking soda m baking powder setau saya adalah pada cara kerjanya, baking soda akan bereaksi jika terkena panas atau asam, sedangkan baking powder pada proses pengocokan sudah mulai bereaksi. Baking soda termasuk dalam komposisi baking powder. Komposisi baking powder adalah baking soda+asam+filler.

  12. nusaibah azzahra — March 24, 2011 @ 2:07 am

    baking powder untuk ngembnangin ?
    klo bdanya sma sp ?

  13. Haris — August 7, 2011 @ 3:35 pm

    Baking Powder dan Baking Soda perbedaannya pada bahan utama pembuatnya. Baking Powder menggunakan Sodium Bikarbonat sedang untuk Soda Kue adalah Natrium Bikarbonat. Untuk detail mengenai kedua bahan trsebut bisa cari tahu sendiri :D hehehe. Salam

  14. blueevox — August 25, 2011 @ 12:41 am

    Maaf setau saya sodium itu sama dengan Natrium cuman beda terjemahan aja…

  15. jorge — October 17, 2011 @ 4:23 am

    Sodium itu sama bos dengan natrium..

  16. TUMBONAN Pbasmi kutu Rambut — October 27, 2011 @ 11:43 pm

    KEGUNAAN UMUM SODA KUE ITU APA YA?…

  17. yu — April 23, 2012 @ 5:54 pm

    mbak, mau nny. Baking soda & Soda powder it sama yh?!

  18. ayu — December 3, 2013 @ 4:38 am

    Hr ini saya terjebak dlm soda kue dan baking powder. maklum pemula. bikin karamel selama 5 hr bagus banget masuk hr ke6 melempem ga beraturan. hr ke 10 br sadar. ternyata saya pake baking powder. syukur inget internet. Thank ya

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment