Naga sari dan Kue Apem

Hari sabtu kemarin aku bikin kue naga sari dan kue apem tapi nggak tak kasih tape.Mau tahu resepnya ?ini coba deh.

Apem Kukus

1.2ons tepung beras

2.1ons gula pasir

3.baking powder 1sdt

4.1sdm fermipan

5.400ml santan

6.Garam

Caranya: Campur semua bahan, dan tuang santan sedikit-sedikit sambil diuleni.Lalu biarkan kurang lebih 2jam.Setelah itu kukus,tapi loyangnya dialasi daun pisang.

Rasanya enak dan gurih.

Oh sori ya resep naga sarinya ketinggalan.Ini resepnya kalau mau coba.

Pilih daun pisang yang pupus buat bungkus naga sarinya.Soalnya kalau tua mudah robek,dan kalau waktu ngukus juga jangan bamyak,karena nagasari jadi pecah daunnya (baca:mecotot/b.jawa)

Naga sari

Bahan

  1. 1kg tp beras
  2. 1/4maizena(ada yang pakai kanji,kalau menurut lebih enak meizena hasilnya )
  3. gula semanisnya
  4. santan dari 2 butir kelapa dimasak sampai mendidih diberi garam
  5. Pisang dipotong sesuai selera(pilih pisang candi atau pisang tanduk)
  6. Daun pisang untuk membungkus

Caranya

Campur tp beras dan maizena,gula.Tuang santan kecampuran tepung tadi sambil diaduk-aduk hingga jadi adonan yang licin.Lalu taruh diatas api sambil terus diaduk sampai kental dapat di pulung.Baru diangkat dari api

Ambil selembar daun taruh adonan lalu pisang lalu tutup dengan adonan lagi,lalu dun dilipat.Lalu kukus sampai masak kira-kira 1 jam.Angkat daun dipotong ujung-ujungnya,dilipat kebalikannya waktu ngukus tadi sambil digosoki minyak daunnya agar mengkilap.Nah nagasari jadi cantik saat disajikan.

)

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

12 Comments

  1. 55laguna — February 27, 2009 @ 2:16 pm

    mana resep naga sari nya? kok cuma apem kukusnya doang sih?

  2. admin — February 27, 2009 @ 3:32 pm

    Oh ya …makasih banget atas koreksinya ….maklum ngetiknya sambil ngantuk jadi ketinggalan

    Sekarang udah ada untuk resep nagasarinya ..bisa di coba lagi :D

  3. Ati — March 17, 2009 @ 4:06 am

    Resepx oke-oke, ntar aq moe coba bakpianya, tp isianx moe yg kumbu hitam bisa bantu nggak?

  4. sari — April 13, 2009 @ 3:27 am

    pada apem santannya dari brp butir kelapa? santan kntal atw cair mbak?

  5. gandes — June 8, 2009 @ 3:15 am

    kue apemnya kalo di kukus pake cetakan bisa enggak ya????

  6. rosa — August 2, 2009 @ 1:13 am

    resep ok banget.Mudah dan praktis moga enak ya…aku pasti coba bu….tq

  7. Umi Syadad — April 5, 2010 @ 10:15 am

    bu, numpang copas ya.. tq banget

  8. susi — May 23, 2010 @ 4:21 am

    Ada gag buat kue naga sari pake Waloh / labuh jawa? ak banyak waloh di rumah tapi gag tau mau buat apa? bisa gag waloh dibuat roti ? tolong dunk kasih resepnya
    thk

  9. woro handayani — July 3, 2010 @ 4:17 pm

    buat mbak susi ;labu banyak guna lho makanan yang paling enak ,labu di cuci gak usah di kupas terus potong empat ,terus masuk open hingga masak ,kalau tepatnya pakai mekro wave pas buat sarapan pagi selalu buat nihhhh ennnnnnnnnnnnaaaaaaaaaaaaaaaaaaak
    yang buat kaya lagi enak wangggiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    buat laukkkkkkkk masak santan dengan ikan bilisssss atau danging masak lada hitam waaaaaaaahh enak gitu
    orang kalimantan pinter masak labu kuning memang sedappppppppppppppp

  10. dimas — October 6, 2010 @ 3:15 pm

    mana mbag gambar nagasari dan kue apemnya?? kog ngga ada

  11. alya djamal — May 30, 2011 @ 5:27 am

    mbak,ko’adonan apemnya encer banget ya?

  12. machfudi — November 19, 2011 @ 7:00 am

    Apem jangan berpandangan jauh menembus angan,bisa jadi tak karuan bila salah mengartikan berbahan tepung beras kalian beri pengembang dan bau harum villi vanelli eee keliru kok penyanyi yang bikin heboh vanili pengharum dan bisa cari beras yang mekar atau sudah habis kadar air di dalamnya tentu untuk di onlinekan dapat untung bukan buntung biasanya banyak di jumpai waktu mauludan nabi sekian saja sederek sedoyo kulo tutup mengkeh kanginan geh biso masuk angin salam persabatan dan damai kuingin.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment