Membuka Lahan Primitif di Era Modern

Zaman dahulu nenek moyang kita melakukan banyak kegiatan entah yang di lakukan itu benar atau salah. Tapi semua itu berdampak pada kehidupan kita sekarang ini. kalau dulu mungkin kalau cari sebuah sumber makanan nenek moyang kita harus berjalan jauh hanya untuk mendapatkan beberapa makanan yang dapat di makan. Karena jauhnya jarak tempat untuk mencari makan maka mereka mulai berpikir kembali bagaimana agar tidak susah jauh-jauh berjalan hanya untuk mencari makanan. Dan kebetulan sisa biji yang di buang bisa tumbuh dan mereka pun mulai mengetahui pertanian. Tapi bagaimana mereka mulai untuk menanam sebuah tumbuhan jika di sekitar mereka tidak ada lahan untuk mulai menanam. Karena semua dikelilingi hutan. Jadi mereka mulai melakukan kegiatan yang tidak asing lagi untuk memulai pertanian yaitu membuka lahan dengan cara membakar hutan.

Wah pinter banget udah kepikiran sampai kesitu ya…modern banget caranya tapi itu dulu. Tapi untuk saat ini apa hal itu perlu dilakukan kok banyak kebakaran hutan terjadi. Mungkin gak perlu membakar hutan segala untuk saat. Soalnya udah gak zamannya lagi pakai acara kayak gitu. Khan udah banyak alat berat yang siap untuk membuka lahan berapa pun luasnya. Sudah terbukti hutan di Indonesia udah banyak lahan yang terbuka tapi dalam hal ini bukan pertanian tapi yang lain. Selain hal membuka lahan pertanian, banyak juga orang yang beranggapan bahwa ketika terjadi kebakaran rumah, pasar tradisional para korban sering menuduh bahwa itu ulah oknum tidak bertanggung jawab yang di suruh seseorang untuk membuka lahan baru entah sebuah pertokoan atau apa saja. Tapi tuduhan itu mungkin karena kekecewaan dan kegundahan ketika dia menerima musibah. Klo benar ada oknum yang kayak gitu banyak banget tuh dosanya. Berapa orang yang di rugikan untuk dapat membuka sebuah lahan ekonomi diatas penderitaan orang lain. Bener gak ya…?? wah primitif banget caranya…harus di hilangkan tuh cara primitif secara sekarang kan udah era modern.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

1 Comment

  1. EEng — November 13, 2008 @ 9:10 am

    ternyata di jaman modern masih banyak yang berpikir primitif ya.
    dan kayaknya gak cuma masalah pembukaan lahan saja, banyak hal lain.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment