Jajanan Tradisional

Ini adalah jajanan tradisional yang kalau dimakan kenyil-kenyil,yaitu kue ku dari ketan dan lapis mambo dari kanji.Kue ku ini umumnya berbentuk kura-kura dan warnanya merah isi kacang ijo kupas.Kalau lapis mambo ini warna ditiap lapisnya yang menarik,kayak pelangi gitu warna warni.Yuk kita coba membuatnya.

Kue Kura Ketan

Bahan:

  • 250gr tepung ketan
  • ¼ sdt garam
  • 75 cc air mendidih
  • Air pandan
  • 1sdm gula pasir
  • 75cc santan kental matang ,dingin
  • Biang:1sdm kanji diberi 4sdm air diaduk diatas api sampai matang.Ambil satu sendok makan saja.

Caranya:

Tepung ketan diseduh dengan air mendidih lalu masukan gula,garam,santan kental dingin,dan biang,aduk sampai bisa dipulung.Lalu isi dengan kacang ijo kupas.Cetak dicetakan kue ku,dan dialasi daun lalu kukus 3mnt saja.Kalau terlalu masak jadinya kemranyangen,lalu olesi minyak atasnya.

Kue Lapis Mambo

Bahan:

  • 700gr kanji
  • 1300cc santan sedang yang di masak dulu dengan pandan dan daun jeruk
  • 650gr gula pasir,garam ,vanili

Caranya:

Tepung kanji,gula,garam,vanili diaduk dengan santan sampai gulanya hancur.Bagi adonan beri warna hijau,merah,orange,kuning.Lapisi loyang dengan plastic dan olesi minyak,ukuran loyang 22 kali 22,tinggi 7cm.Tuang adonan secara bergantian seperti membuat lapis biasanya.Potong setelah kue dingin betul.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

30 Comments

  1. Warung Digital — July 25, 2008 @ 7:01 am

    Kali jangan hanya resep, tapi product jadi,
    dan dikirim ke TD, agar bisa di share. hehehhe

    Semoga sukses saja.

  2. rudyahud — July 25, 2008 @ 8:50 am

    mbak diah…niku nek teng SOLO asmanipun lapis…tapi kulo mboten seneng jajanan koyo ngoten niku…heheheh
    artinya….:
    wala…kuak kauk guuk gguk….nguik nguik kaing buh bag crot tuing jlazzzttt…

  3. sawali tuhusetya — July 25, 2008 @ 10:23 am

    wah, jadi pingin banget tuh, mbak. makanan tradisional justru terbebas dari zat2 kimia, tidak seperti jajanan modern yang sering bikin organ tubuh jadi ndak sehat *hiks sok tahu*

  4. persikers — July 25, 2008 @ 10:53 am

    wah iki makanan senengaku mbak :D
    sayang ga isok masake =))

  5. Dhimas Yhoga Saputra — July 25, 2008 @ 12:53 pm

    Lapisnya mak nyuuus… Mantab…

  6. ika — July 25, 2008 @ 3:16 pm

    kyaaaa jaman saya sd banget nih mbak,, kalo arisan dulu ibu saya suka pesan makanan beginian.. wah enak banget,., hmm kangen sama masa kecil jadinya..

  7. Frenavit Putra — July 25, 2008 @ 3:28 pm

    Waduh…Gk usah buat dulu..Langsung yang da jadi aza wes..Khan enak..Tinggal leb..He2x

  8. Fachia — July 25, 2008 @ 4:46 pm

    jadi ikutan ngiler nih.. kirim donk via RS jg gak apa biar q download… :D

  9. mierz — July 25, 2008 @ 5:33 pm

    Aduh dtinggal mbalek ke desa kok postingan bu diah udah bnyk bgt..
    Kue kura2 isi kacang ijo tuh paling aku suka,biasane nyolong di kantin,lbh tpatnya ngutang sama bu kantin :-D
    Nylong t4nya bu diah ada ga ya?

  10. John Doro — July 25, 2008 @ 6:58 pm

    Print ah, buat mama… :D

  11. werkudoro — July 26, 2008 @ 1:02 am

    wah.. wag, banyak resep makanan disini. hehehhe. copi dulu ah.. sapa tau besok mo buka catheringan… hehehhe

    salam kenal ya mbak. :)

  12. Diah — July 27, 2008 @ 7:29 am

    @Warung Digital
    July 25th, 2008 at 7:01 am
    Ok pak..ditunggu saja :D

    @rudyahud
    July 25th, 2008 at 8:50 am
    Inggih mas…Tap kulo nembeh ndamel ..pripun panjenengan mbote kerso :D

    @sawali tuhusetya
    July 25th, 2008 at 10:23 am
    Betul pak…kebanyakan jajanan traditional memang tanpa campuran zat kimia, biarpun sekarang bisa di pakai penganti zat kimia pembuat kue jika beberapa bahan tidak di temukan .

    @persikers
    July 25th, 2008 at 10:53 am
    Mudah lho mas..bikinnya

    @Dhimas Yhoga Saputra
    July 25th, 2008 at 12:53 pm
    Iya :)

    @ika
    July 25th, 2008 at 3:16 pm
    Iya Mbak ika..saya juga masih tetap bikin kok,buat makanan si kecil ….

    @Frenavit Putra
    July 25th, 2008 at 3:28 pm
    Wah mas putra nggak sabaran nich…:D

    @Fachia
    July 25th, 2008 at 4:46 pm
    he..he..he..he….ntar aja kalau ebooknya udah jadi

    @mierz
    July 25th, 2008 at 5:33 pm
    wah pntes..kok postinannya mas mierz kok diam aja :)
    tak pikir emang sibuk …

    @John Doro
    July 25th, 2008 at 6:58 pm
    tintnnya jangan lupa mas :)

    @werkudoro
    July 26th, 2008 at 1:02 am

    monggo mas..dikopi say jga dapet dari kursus
    salam kenal juga

  13. rumahjajan — October 20, 2008 @ 4:18 pm

    Wah,ada resep kue2 nihh..lansung dicoba..thx dah pload

  14. sospi — November 19, 2008 @ 5:05 am

    bisa ngak dapatin makalah tentang jajanan tradisional

  15. hetty — November 24, 2008 @ 12:50 am

    hai, apa ada yang bisa tolongin saya, gimana caranya bikin kue naga sari yang enak and bagus jadinya tq

    -Diah-
    saya tiap hari bikin bu..resepnya di sini
    http://www.kuebasah.com/naga-sari-dan-kue-apem.html

  16. Edikani — January 10, 2009 @ 11:39 pm

    Mbote karo telo2an akeh karbohidrate, tegese iso dadi sumber kalori pengganti sego. Po gak pengen njajal mbote dianggep sego, aku sering njajal, uenak lho

  17. Edikani — January 11, 2009 @ 3:43 am

    Nek oleh kondo, yen biso ojo dahar panganan sing akeh diracun. Larang? Gak. Contone, telo, jagung, mbote, kangkung, bayem ombo, kemangi, lamtoro/mlanding, godong kates, godong telo, pelem, gedang lokal, rambutan, nanas, duren lokal, duku, manggis, jambu. Aku yakin, tanduran2 iku gak perlu di racun. Tulung ditambahi, ngokoan ae, aku kan asal banyuwangi. Eh, salam kenal kangge mbak Diah. Tahes, mbak? Hamurku nate nok rampak. Nyuwun sepurane yoo…

  18. Edikani — January 11, 2009 @ 7:36 am

    Hehehe… Rasane aku nemu gubug kosong sing wis ditinggal karo mbak diah. Yo wis tak saponane disik.

  19. Edikani — January 14, 2009 @ 4:15 am

    Lhaaa tenan kan, gak tau diendangi.
    Come on, write your comment about health food/fruit.

  20. admin — January 15, 2009 @ 5:06 am

    ah daos ngrepoti mawon kulo niki ..
    Matur Sembah nuwun :D

  21. Edikani — January 19, 2009 @ 3:22 am

    Hwelah dalah, jeng diah njebul, nganti kaget aku. Titip pesen ae yo jeng (dudu tiwuk lho), gak titip ojir, tulung mbantu ngetopke mbote dadi gantine beras.
    Sing jelas, in the mbote (java) u can’t find any pestiside n any chemical added. Just believe in your nature and pure food. Matur nembah nuwun.

  22. Edikani — February 25, 2009 @ 8:44 am

    Piye kabare mbote, kok podo g pengen, nek nggonku, cisalak, depok regane rp. 2.500/kg

  23. chibimi — October 11, 2009 @ 12:23 pm

    Bakpang (Jepang : ????????) (Indonesia: martabak jepang) adalah kue Jepang yang terbuat dari tepung terigu, telur, susu, gula, garam diaduk rata hingga lembut dan lengket, kemudian dicetak dalam sebuah pan yang bulat terbuat dari besi. Di Jepang, kue ini disebut martabak jepang ato kue terang bulan karena sering dibuat pada perayaan traditional jepang Obon (??).
    Mochi (Jepang: ?; Hanzi: (??)) adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun.

  24. tsu — November 30, 2009 @ 9:55 am

    Kok ga ada gambar hasilnya biar lebih menarik kan nanti bisa nyoba hasilnya sama pa ga???…. ;D

    Thx ya resepnya & salam kenal

  25. Edikani — December 26, 2009 @ 4:36 pm

    Bu tsu, cik cibimi iku salah muncul be’e, tau-tau ngilang lagi, ya.
    Padahal asik juga jika blog ini berkembang dadi kue tradisional mana saja, taping mungkin gak ngono arepe jeng diah.

  26. zahra — February 9, 2010 @ 1:44 am

    hah cuma begini doang sih tapi seru yah

  27. dharmanto aji — May 1, 2010 @ 3:03 pm

    aduhhh…kuenya enak-enak ya…kalau di Medan gak ada tuh yang buat dan jual kue kayak gitu…tiap malam aku bantuin mamakku buka situs kayak ginian….trus besoknya di coba…he..he…gak enak…( bukan resepnya lhoo yg gak enak, tapi mamakku aja yang gak pandai-pandai)…

  28. Farhan Nafisah — June 8, 2010 @ 9:38 am

    mbak,, makasih ya
    boleh kan aku jadikan rencana bisnisku??
    jajanan tradisionalnya..
    makasih

  29. Ucu — June 11, 2010 @ 9:59 am

    Maaf Numpang Jualan Bapak/Ibu

    Boleh dicoba yang satu ini bagi anda yang gemar akan jajanan tradisional yan benar-banar unik. yang masih langka dan belum ada dipasar atau dikios jajanan, maka pilihlah yang satu ini “KERIPIK DENDENG SINGKONG ” tentu rasanya enak dan renyah, karena cara pembuatan dan rupanya tidak seperti keripik singkong yang sudah ada dipasar . maka untuk pemesanan saya siap menerima dalam jumlah kecil dan besar demi memuaskan konsumen kami. begitupun untuk perusahaan jajanan berupa keripik singkong, snack, kemasan makanan, bisa untuk kerjasama

    Info llebih lanjut silahkan hubungi kami :
    blog : http://snackkeripiksingkong.blogspot.com/
    Sdr CUCU BASTIAR

    Tlp : 0251 – 8487650

    hanhpone : 085782100508

    Bogor -indonesia

  30. machfudi — September 5, 2010 @ 9:20 am

    ass.wr.wb kesehatan apapun separah apapun kalau di jaga dan rawat tentunya kemungkinan akan sembuh atas ijinnya insyallah dan mendekati hari lebaran biasanya kalian sudah menyiapkan makanan atau camilan untuk menghormati tamu yang berkunjung ke rumah kalian memang seharusnya begitu dan perlakukan bak raja itu memang harus dan juga kalian bila yang paling mudah harus mengunjungi yang lebih tua itu yang terbaik dan memang harus supaya tidak kepaten obor boso jowo dan juga kalian seandainya kalian punya asam urat hindari makan emping mlinjo biasanya di hari lebaran banyak yang menyuguhkannya dan juga nasi pecel biasanya pakai kemangi dan petai jangan dan belum lagi kacang tanah yang di pakai membuat pecel dan semoga kalian bisa menjaga akan hal sehat soal pola makan dan makanan juga cepat memicu untuk kambuh kalau bisa menjaga tentunya bahagia saja yang ada nanti dan juga penyakit kelebihan kolestrol hindari segala yang berminyak ini termasuk kacang tanah apalagi bebek goreng lezat plus kemangi itu pemicu ideal untuk pemicu kambuh yang kutulis di atas dan memang perbedaan orang dahulu dan sekarang jauh berbeda orang dahulu makanan kebanyakan sayur mayur dan unsur kimia tidak ada serba alami tentunya penyakit sebatas kepala pusing deman dan flue biasa dan jaman sekarang penyakitnya juga ikut canggih mengikuti jaman dan orangnya juga mengikuti jaman terus apa bro jadi klop saya rasa dan saya berharap semoga saja kalian dapat menjaganya sedini mungkin tentunya kebahagiaan sehat akan berdampingan terus dengan kalian karena kalian semuanya menjaganya sekian saya tutup dan tak lupa saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada kalian yang sudi membaca tulisan saya yang banyak salah ini.wassallam

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment